BreakingNews

Lepas Jabatan Kapolda Papua, Waterpauw Kini Jabat Kapolda Sumut


JURNALTIMUR.COM, Irjen Polisi Paulus Waterpauw kembali dipercaya sebagai Kapolda. Kali ini Waterpauw dipercayakan sebagai Kapolda Sumatera Utara (Sumut). Karir Waterpauw di lingkungan Polda sebelumnya adalah Kapolda Papua Barat dan Kapolda Papua.


Usai menjabat Kapolda Papua dan sebelum menduduki jabatan baru sebagai Kapolda Sumut, Watepauw menduduki jabatan sebagai Wakil Kepala (Waka) Badan Intel Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri sesuai telegram Kapolri Nomor: ST/1034/IV/2017 tanggal 18 April 2017.


Irjen Pol Paulus Waterpauw
Setelah sebulan lebih menjabat, berdasarkan Surat telegram Kapolri Nomor ST/1408/VI2017  tanggal 2-6 2017, Waterpuw kemudian diangkat sebagai Kapolda Sumatera Utara. 


Karir Putra Komoro Papua kelahiran  Fakfak pada 25 Oktober 1963 terus melejit dan terus mendapat kepercayaan. Berbagai jabatan penting telah dilaluinya. Demikian juga penghargaan yang diterimanya. Ia dinilai sebagai pemimpin yang tegas, prinsipil dan humanis. 

Di luar karir di kepolisian yang cemerlang,  sebagai putra asli Papua dengan prestasi dan jabatan tinggi di kepolisian, jelang Pemilihan Gubernur Papua 2018, nama Waterpauw selalu disebut pantas dicalonkan sebagai Gubernur Papua.

Berita pengangkatan Waterpauw sebagai Kapolda Sumut ini tentu akan membawa spekulasi baru tentang peta politik Papua jelang Pilgub dan kemana Waterpauw akan berlabuh.


Penelusuran JurnalTimur pada pemberitaan seputar penempatan jabatan Waterpauw, hanya menemukan satu kutipan pernyataannya. 

Sebagaimana ditulis media online Papua Wartaplus, 3 Juni 2017,  Waterpauw  hanya menyebut dirinya bukan jago kandang. 

“Saya tak mau disebut jago kandang,’kata Irjen Paulus Waterpau kepada wartaplus beberapa waktu silam, saat disinggung kemana dirinya akan berkiprah kepada bangsa dan negara saat dirinya tak menjabat sebagai Kapolda Papua.


“Saya ikuti jalan Tuhan saja,”ujarnya . Pernyataan dirinya seperti memberi bukti, ia ikuti saja takdir Sang Pencipta. (Ben)

Tidak ada komentar