BreakingNews

Waterpauw Jabat Kapolda Sumut, Ini Komentar Paskalis Kossay

JURNALTIMUR.COM, Pengangkatan Irjen Pol Paulus Waterpauw sebagai Kapolda Sumatera Utara (Sumut) kian membawa spekulasi baru kemana putra tebaik Papua ini akan mengakhiri karir kepolisian. Maklum di Papua, nama Paulus Waterpauw santer dibicarakan untuk maju Pemilihan Gubernur Papua.



Paskalis Kossay
Politisi Papua Paskalis Kossay melalui pesan singkat kepada JurnalTimur, Sabtu 3/06/2017) mengatakan, penunjukkan Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw menjadi Kapolda Sumut mengejutkan banyak orang khususnya masyarakat Papua, namun bagi Polri hal itu sesuatu yang biasa bukan luar biasa.



“Wajar kalau Paulus Waterpauw dinilai oleh pimpinannya sebagai salah satu putera terbaik bangsa yang berkarier cemerlang di jajaran Kepolisian Negara. Maka tidak ada alasan untuk menghambat karier Kepolisian bagi seorang Paulus Waterpauw,” kata Paskalis.


Menurut Paskalis, karier PW (inisial Paulus Waterpauw-Red) diharapkan akan terus bersinar hingga mencapai bintang tiga di jajaran Kepolisian Negara.


“Kalau sudah menyandang tiga bintang PW adalah orang Papua pertama yang menjadi Jenderal bintang tiga dan masih aktif menjalankan dinas. Bukan penghargaan karena purna bakti. Karena itu patut dibanggakan karena satu-satunya putera Papua yang akan menyandang Jenderal bintang tiga,”terang Paskalis.


Arah Politik PW lanjut Paskalis, sudah semakin jelas dan terbuka kemana akan berlabu dalam bingkai politik nasional.


“Entah menjadi menteri atau gubernur sekalipun semakin terbuka lebar. Tergantung keputusan PW sendiri mau kemana orientasi politiknya. Apakah tetap berkutat di sekitar lingkaran pusat atau kembali ke daerah. Silakan, rakyat sedang menunggu keputusan terbaik Kaka besar," ujar Paskalis. 


Sebagaimana pemberitaan JurnalTimur sebelumnya,  Irjen Polisi Paulus Waterpauw kembali dipercaya sebagai Kapolda. Kali ini Waterpauw dipercayakan sebagai Kapolda Sumatera Utara (Sumut). Karir Waterpauw di lingkungan Polda sebelumnya adalah Kapolda Papua Barat dan Kapolda Papua.


Usai menjabat Kapolda Papua dan sebelum menduduki jabatan baru sebagai Kapolda Sumut, Watepauw menduduki jabatan sebagai Wakil Kepala (Waka) Badan Intel Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri sesuai telegram Kapolri Nomor: ST/1034/IV/2017 tanggal 18 April 2017.


Setelah sebulan lebih menjabat, berdasarkan Surat telegram Kapolri Nomor ST/1408/VI2017  tanggal 2-6 2017, Waterpuw kemudian diangkat sebagai Kapolda Sumatera Utara.


Karir Putra Komoro Papua kelahiran  Fakfak pada 25 Oktober 1963 terus melejit dan terus mendapat kepercayaan. Berbagai jabatan penting telah dilaluinya. Demikian juga penghargaan yang diterimanya. Ia dinilai sebagai pemimpin yang tegas, prinsipil dan humanis.


Di luar karir di kepolisian yang cemerlang,  sebagai putra asli Papua dengan prestasi dan jabatan tinggi di kepolisian, jelang Pemilihan Gubernur Papua 2018, nama Waterpauw selalu disebut pantas dicalonkan sebagai Gubernur Papua. (Ben)