BreakingNews

Ini Caranya Pemerintah di Ende Mewaspadai Kebakaran

JURNALTIMUR.COM---Untuk mewaspadai terjadinya kebakaran diw lingkup kantor atau SKPD yang ada di Kota Ende,   Dinas  Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Ende  menggelar latihan penanggulangan kebakaran yang dilaksanakan di halaman Kantor Bappeda Kabupaten Ende  pada Jumat (08/09).

Pelaksanaan simulasi yang menggegerkan masyarakat Ende yang berada di sekitar lokasi itu pada keluar rumah menyaksikan peristiwa tersebut karena raungan sirene mobil pemadam kebakaran yang disertai dengan asap api di halaman kantor yang membubung ke atas.
Kepala Badan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan
Kabupaten Ende, Marselinus Peu
(foto : welano)

Kepala  Bidang  Pemadam Kebakaran  dan Penyelamatan Kabupaten Ende  Marselinus Peu, kepada Jurnal Timur.com, di lokasi kejadian mengatakan, kegiatan simulasi kebakaran ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesiagaan dan cepat tanggap dari penghuni Kantor Bappeda  Ende apabila terjadi kebakaran sudah dapat menangani kebakaran sehingga tidak menimbulkan kerugian lebih banyak.

Simulasi kronologi terjadinya kebakaran bermula dari bubungan asap yang ada di dalam kantor yang disertai nyala api yang berkobar sehingga salah seorang pegawai menekan tombol kebakaran dan para pegawai panik berlarian keluar ruangan sambil menelpon petugas pemadam kebakaran melaporkan insiden yang tertjadi. Mendapat laporan dari pegawai Bappeda di Jl Eltari, Kelurahan Mautapaga petugas pemadam kebakaran langsung mendatangi TKP dengan mobil Damkar untuk melakukan pemadaman.

“Awalnya saat api masih kecil, para pegawai berusaha uintuk memadamkannya dengan menggunakan alat pemadam api ringan yang ada di kantor namun upaya itu gagal karena nyala api semakin membesar, mereka mengubungi petugas pemadam kebakaran Kabupaten  Ende untuk melakukan pemadaman. Alhasil api dapat dipadamkan” kata Marselinus.
Petugas pemadam kebakaran sedang beroperasi
Lebih lanjut Kabid Damkarmat berharap agar dengan adanya simulasi ini para pegawai yang ada di lingkup Bappeda selalu bersiap siaga dalam menghadapi situasi genting yang terjadi termasuk kebakaran yang mungkin terjadi sewaktu-waktu.

 “Kita lakukan simulasi ini dengan maksud agar setiap pegawai yang ada di instansi terkait di Ende telah siaga menghadapi situasi-situasi genting yang terjadi di kantornya, termasuk kebakaran yang kita simulasikan hari ini” pungkasnya. (welano).

Tidak ada komentar