BreakingNews

Komarudin Watubun Luncurkan Buku 'Maluku, Staging Point RI Abad 21'





JURNALTIMUR.COM,- Politisi PDI Perjuangan, Komarudin Watubun meluncurkan buku 'Maluku, Staging Point RI Abad 21' di Jakarta, Selasa (28/11/2017).


"Buku ini lahir dari renungan saya yang paling dalam. Saya menyaksikan bahwa Maluku harus menjadi 'staging point' baik perdagangan maupun politik Indonesia mengingat faktor kesejarahan dan sumber daya alamnya," kata Komarudin saat memaparkan isi ringkas buku yang ditulisnya. 


Menurut Komarudin, sejak abad ke-16, Maluku sempat menjadi pemasok kebutuhan rempah terbesar di dunia. Bahkan, rempah-rempah Maluku dapat memicu kelahiran jaringan maritim, globalisasi, dan inovasi keuangan dunia. 


"Wilayah ini (Maluku) sangat strategis, baik dilihat dari letak geopolitik, geostrategis, maupun sumber daya alam yang dihasilkan,” ujar Komarudin 

Komarudin menyampaikan, perdagangan rempah mampu kala itu dapat memberikan kemakmuran bagi kerajaan di Nusantara bahkan negara-negara di dunia. Sayangnya, kejayaan ini tidak berlanjut hingga saat ini. ”Perlu strategi baru untuk mengembalikan masa kejayaan tersebut,” katanya.


Buku setebal setebal 531 halaman ini mengungkapkan daya tarik Maluku dalam politik ekonomi pada masa lalu dan saat inidan akan datang,yang tetap mempengaruhi dan menentukan daya saing negara Indonesia Abad 21.

Maluku sebagai wilayah yang memiliki nilai strategis tinggi telah tercantum dalam berbagai catatan sejarah, tidaka saja nilai kandungan mineral dan hasil alamnya yang melimpah, tetapi juga karena budaya, adat istiadat, potensi wisata, serta posisi yang strategis untuk dikelola guna mendukung kepentingan nasional.(*) 


Editor : Benjamin Tukan 


  

Tidak ada komentar