BreakingNews

Peluncuran Buku Biografi Mgr Anicetus Bongsu Sinaga



JURNALTIMUR.COM,- Buku berjudul “Kusyukuri Penyelenggaraan-Mu Tuhanku : Dari Imamat Parmalim ke Imamat Katolik”, diluncurkan, di Jakarta, Selasa 29 Januari 2019. Buku ini merupakan buku yang berceritra tentang perjalanan imamat Uskup Mgr. Dr. Anicetus Bongsu Sinaga, OFM Cap yang dibagikan pada awal memasuki masa purna bakti sebagai Uskup Agung Medan. 


Mgr Anicetus Bongsu Sinaga dikenal sebagai pribadi yang memancarkan kegembiraan, unggul serta matang secara rohani. Beliau pembawa dan peneguh cahaya kekeristenan bukan hanya dalam keluarga, umat tetapi dalam masyarakat.


Mgr Anicetus Bongsu Sinaga yang memilih motto tabisan uskup “Ia membimbing aku di padang yang berumput hijau dan air yang tenang (Mzm 23) ini, menuliskan perjalanan panggilan hidupnya dari seorang anak yang mempunyai ayah berprofesi sebagai imam dalam agama Parmalim, hingga menjadi menjadi uskup Agung Medan.


Uskup Anicetus Bongsu Sinaga dikenal sebagai pemikir  tentang masalah sosial, budaya, agama dan kebangsaan. Pemikiran dalam bidang yang lain juga mendapat perhatian terutama tentang pembangunan bangsa dan Negara Indonesia, pembangunan social politik, pariwisata, ekonomi dan Hak Asasi Manusia.


Keahliannya mengenai budaya Batak memberikan kontribusi dalam inkulturasi gereja Katolik di Sumatera Utara dan pemikirannya menjadi acuan bagi para pemikir dan pegiat budaya dan Adat Batak. Ia sangat diterima oleh seluruh kalangan agama di Sumut, dan juga oleh pemerintah daerah. Ia menggerakan Oikumene di Sumut dan sering disebut sebagai  Uskup bagi semua kalangan.


Uskup Sinaga menjadi Uskup Sibolga sejak tahun 1980, dan menjadi Uskup Agung Medan 2004-2018. 


Hadir dalam peluncuran diantaranya, Tokoh Nasional Cosmas Batubara, Pdt. SAE Nababan, Dirjen Bimas Katolik Eusabius Binsasi, Kriminolog Adrianus Meliala, Sosiolog Kasitorus Sinaga, dan politisi Hinca Panjaitan. (@) 



Penulis Berita : Benjamin Tukan /tukanben@gmail.com

Tidak ada komentar