BreakingNews

Viktus Murin Raih Penghargaan “Tokoh Kristiani 2018”

Viktus Murin 

JURNALTIMUR.COM,- Mantan Sekjen Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Viktus Murin, mendapat  penganugerahan “21 Tokoh Kristiani 2018 Pilihan NARWASTU”.  Acara penganugerahan berlangsung di Jakarta Jumat sore, 11 Januari 2019.


"Penghargaan yang diberikan kepada 21 tokoh ini berangkat dari penilaian akan jejak rekam, aktivitas di tengah gereja, masyarakat dan bangsa. Tokoh pilihan ini adalah tokoh yang menginspirasi, Pancasilais dan mampu memotivasi," ujar Jonro I. Munthe,  Pemimpin Umum dan Pemimpin Redaksi Majalah NARWASTU saat membuka acara penganugerahan.


Penghargaan ini merupakan tradisi tahunan dari Majalah  NARWASTU dengan kriteria penilaian diantaranya, tokoh yang bersangkutan memiliki pemikiran, gagasan, atau karya yang mampu mempengaruhi banyak pihak.


Tokoh tersebut adalah seorang figur Pancasilais dan mencintai NKRI serta memahami Bhineka Tunggal Ika.  Tokoh yang dipilih mesti peduli terhadap pelayanan di tengah gereja, masyarakat bahkan bangsa serta tak jarang menjadi perbincangan banyak orang. 


Viktus Murin kelahiran Nusa Tenggara Timur (NTT) 1 Januari 1969. Ia alumni FKIP Undana Kupang. Selama mahasiswa ia aktif di GMNI Cabang Kupang (1992-1996), Ketua Komite Kaderisasi Presidium GMNI (1996-1999) dan Sekjen Presidium GMNI (1999-2002). Di Masa orde Baru ia dikenal sebagai aktivis mahasiswa yang kritis dan vokal.


Viktus  juga dikenal sebagai jurnalis. Pernah menjadi wartawan Pos Kupang, Berita Yudha, Majalah Skala, dan Koran Proaksi, Ratra. Kiprah Jurnalistiknya masih terus hingga sekarang dengan menjadi pemimpin umum salah satu media online.


Ia telah menghasilkan beberapa buku bertemakan kebangsaan, media dan pemerintahan lokal. Sering pula diundang sebagai narasumber dan moderator pada sejumlah seminar dan diskusi tingkat nasional. 

Acara Penganugerahan “21 Tokoh Kristiani 2018 Pilihan NARWASTU”.


Suami Deisy Debra Kasenda ini, pernah dipercaya sebagai Anggota Tim Ahli Menpora(2004-2009)  era Menteri Dr. Adhyaksa Dault dan berperan sebagai penulis pidato Menpora. Pada 2009-2013 ia dipercaya sebagai tenaga ahli Kemenpora RI.


Ia menjabat Wakil Sekjen DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) pada 2003-2008. Dipercaya sebagai Ketua Bidang Kepemudaan Depinas SOKSI yang dipimpin Ali Wongso Sinaga. Kini ia menjadi salah satu Wakil Sekjen DPP Partai Golkar. Pada 2011 lalu menjadi Calon Wakil Bupati Lembata bersama Calon Bupati Herman Y.L. Wutun.


Ercson Hutabarat, salah satu alumni GMNI  yang ditemui JurnalTimur di sela-sela acara penganugerahan mengatakan Viktus Murin pantas mendapat penghargaan itu, karena konsisten dalam gerakan dan memperjuangkan nilai-nilai kebangsaan.


“Viktus dikenal sebagai seorang konseptor dengan pergaulan yang lintas batas. Apa yang dilakukan pantas ia mendapatkan penghargaan. Dia punya komitmen kebangsaan yang teguh,” kata Ericson alumni IISIP Jakarta ini.  


Selain Viktus Murin, 20 penerima penghargaan lain diantaranya  (1) Pdt Dr. Andar Ismail, (2) Raden Y. Dian Setio Lelono, (3) Pdt. Gomar Gultom, M.Th, (4) Djarot Subiantoro, (5) Erwin Ricardo Silalahi, SE, (6) Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham, (7) Pdt. Lusiana Harianja Pella, M.Th, (8) Pdt. Banner Siburian, M.Th, (9) Cara Laksono, MBA, (10) Ir. Jannerson Girsang, (11) Dr. Angel Damayanti, M.Si, (12) Pdt. Dr. Tjepy Jones, M.Sc, (13) Adri Lazuardi, (14) Bangun Salmon Siagian, S.H., M.H, (15) DR (HC) Esther Sijabat, (16) Pdt. Mangasa Butarbutar, S.E., M.Th, (17) Pdt. Jimmy Sacson Iskandar, (18) Heben Heser Ginting, S.E., A.Md, (19) Lidya Natalia Sartono, M.Pd dan (20) Pdt. Sapta B.U. Siagian, M.Th.


Tokoh-tokoh yang dipilih ini berasal dari berbagai etnis (suku), denominasi gereja maupun latar belakang politik. Tokoh ini pernah diberitakan di media Narwastu (Ben)


Penulis : Benjamin Tukan
                tukanben@gmail.com  

Tidak ada komentar