BreakingNews

Dukung Samana Santa 2019, Pemkab Flotim Siapkan Festival Bale Nagi

Talk Show Semana Santa


JURNALTIMUR.COM,- Pemerintah Kabupaten Flores Timur ( Pemkab Flotim) menyambut baik insiatif warga dan umat kabupaten Flores Timur untuk menjadikan Semana Santa sebagai tujuan ziarah rohani. Pemerintah juga menyiapkan kegiatan Festival Bale Nagi yang akan berlangsung selama sebulan dalam menyambut perayaan Samana Santa. 


Bupati Flores Timur Anton Hadjon mengungkapkan hal itu dalam acara Talk Show Semana Santa, yang berlangsung di  La Piazza mall Kelapa Gading-Jakarta, Minggu 10 Februari 2019. Talk Show ini merupakan salah satu dari  rangkaian acara  "Lamaholot The Truly Culture Of Indonesia" (LT2COI), yang digelar selama tiga hari 8-10 Februari 2019. 


Talksow yang menghadirkan nara sumber Bupati Flores Timur Anton Hadjon, Rohaniwan Katolik Keuskupan Larantuka Romo Lorens Riberu, Pr, cendikiawan Dr. Jan Riberu dan Birokrat Basilio Araujo.


Bupati Flores Timur dalam kesempatan ini menjelaskan, Samana Santa merupakan tradisi umat Katolik yang sudah berlangsug lama di Larantuka, kini sudah dikenal dunia sebagai satu-satunya tradisi masa lalu yang masih ada.


“Melalui Samana Santa iman umat Katolik  di Larantuka dan kabupaten Flores Timur semakin terjaga dan ditingkatkan. Pemerintah tentu sangat mendukung segala inisiatif umat dan masyarakat dalam menumbukan iman ini,” kata Bupati Anton.


Dijelaskan Bupati Anton, selain pemerintah memberikan dukungan kepada umat yang menyelenggarakan Samana Santa, saat Samana Santa sudah dikenal luas dan orang luar mulai berkunjung ke Larantuka mengikuti perayaan ini, maka tugas pemerintah adalah menyiapkan sarana dan prasarana demi kelancaran kegiatan Samana Santa.  


Pemerintah terus mendorong agar infrasturktur ditingkatkan termasuk bagaimana menyiapkan jalan dan transportasi, penginapan layak, bagi para peziara yang datang. Apa yang dilakukan merupakan wujud dari  tugas, wewenang dan fungsi pelayanan masyarakat," kata Bupati Anton. 


Selain pembenahan infrastruktur, pemerintah kabupaten Flores Timur juga akan menyiapkan satu kegiatan yang diberi nama Festival Bale Nagi. Kegiatan ini  dielenggarakan selama satu bulan dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan kampung-kampung budaya yang ada di Flores Timur sehingga para peziara bisa lama tinggal di Larantuka, untuk kemudian mempersiapkan  mengikuti upacara Semana Santa dengan khidmat. 


Bupati Anton berharap festival ini bisa diikuti juga warga Flores Timur diaspora, karena sudah menjadi tradisi bahwa orang Flores Timur pulang  ke kampung pada saat perayaan Samana Santa. 


Untuk diketahui, kegiatan  Lamaholot The Truly Culture Of Indonesia (LT2COI) yang diselenggarakan organisasi Kemasyarakatan KONTAS FLORES TIMUR (KFT) bertujuan untuk lebih memperkenalkan Potensi Pariwisata (Tradisi Seni dan Budaya serta Alam Bahari) Bumi Lamaholot sehingga semakin dikenal oleh masyarakat di luar Flores Timur dan membangkitkan rasa peduli terhadap pengembangan Pariwisata (Tradisi Seni dan Budaya serta Alam Bahari Lamaholot) yang akan bermuara pada kesejahteraan Masyarakat dan Kabupaten Flores Timur. 


Selain Talk Show Semana Santa, juga dilakukan kegiatan Bazzar+ Exbhition , Pentas Tarian dan Lagu, dan Teatrikal. (*)


Penulis : Benjamin Tukan 

Tidak ada komentar