BreakingNews

Pastor Sunarko OFM, Diangkat Jadi Uskup Pangkalpinang

Pastor Dr. Adrinaus Sunarko, OFM (Foto: Salihara)

JURNALTIMUR.COM,-Pastor Dr.  Adrianus Sunarko OFM yang kini menjabat Minister Provinsial untuk Ordo Saudara Hina Dina (OFM) Provinsi Indonesia  dan juga Pengajar Teologi Dokmatik STF Driyarkara-Jakarta,  diangkat menjadi uskup Pangkalpinang.


Berita pengangkatan Pastor Sunarko ini resmi diumumkan Vatikan,  Rabu (28/06/2017) sore. Berita ini cukup mengagetkan karena  OFM sendiri tidak memiliki karya pelayanan di Pulau Bangka. Namun, bagi yang mengenal dekat dengan Pastor Sunarko, pengangkatan ini dinilai sangat tepat lantaran Pastor Sunarko memiliki karakter kepemimpinan yang sangat baik. Ia adalah pribadi yang rendah hati dan saleh. 


Pengangkatan Pastor Sunarko, juga membawa kegembiraan bagi umat Keuskupan Pangkalpinang karena tidak perlu menunggu terlalu lama sejak meninggalnya Mgr Hilarius Moa Nurak, SVD, 29 April 2016. Selama masa menunggu itu uskup baru,  Mgr Yohanes Harun  uskup Tanjungkarang merangkap jabatan  sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Pangkalpinang.  


Pastor Sunarko  kelahiran Merauke, Papua, 7 Desember 1966. Kedua orang tua nya berasal  dari Paroki St. Theresia Sedayu, Kulonprogo Yogyakarta. Salah seorang saudara kandungnya juga seorang pastor yakni Romo Laurentius Sutadi Pr –yang sehari-hari menjabat Vikjen Keuskupan Ketapang.


Pastor Sunarko, masuk Seminari Menengah Santo Petrus Kanisius Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah dan diterima di Ordo Fratrum Minorum (OFM). Usai Novisiat, formasi sebagai calon imam Fransiskan dilanjutkan dengan studi filsafat-teologi di STF Driyarkara Jakarta. Lalu ia menjalani Tahun Orientasi Pastoral dan menyelesaikan pendidikan teologi di Fakultas Teologi Wedabhakti, Universitas Sanata Dharma, D.I. Yogyakarta.


 Pastor Sunarko, mengikrarkan kaul kekalnya pada 15 Agustus 1994; dan pada 8 Juli 1995ditahbiskan sebagai imam Fransiskan. Ia kemudian menjadi  Pastor Rekan di Paroki Hati Kudus Kramat, Keuskupan Agung Jakarta (1995-1996). 


Tahun 1996,Pastor Sunarko menjalani studi teologi di Albert-Ludwig Universität Friburg, Jerman hingga mendapat gelar Doktor Teologi pada 2002. Kembali dari Jerman, menjadi dosen teologi di  STF Driyarkara. 


Selain mengajar, menulis dan menjadi nara sumber, sejak 2004, Pastor Sunarko menjalani tugas sebagai Definitor Provinsial OFM (2004-2007), Vice-Provinsial OFM Indonesia (2007-2009). Sejak 2010 menjadi Minister Provinsial OFM Indonesia. Sejak 2014, ia juga dipercaya sebagai Ketua KOPTARI (Konferensi Pemimpin Tarekat Religius Indonesia). 


Di kalangan mahasiswa di STF Driyarkara, Pastor Sunarko dikenal sebagai dosen yang pintar, namun rendah hati. Ia menjadi salah satu dosen favorit mahasiswa. Ia juga selalu berbaur dengan mahasiswa dan di biara ia juga  ikut membersihkan rumah, bergabung bersama para frater dalam tugas-tugas di biara. Ia dikenal sebagai seorang yang pendiam, tapi jika bicara ia suka dengan humor. Khotbahnya selalu menarik. 


Untuk diketahui, Keuskupan Pangkalpinang meliputi Provinsi Bangka Belitung dan Kepulauan Riau. Keuskupan Pangkal Pinang yang pertama dibentuk sebagai Prefektur Apostolik Bangka-Belitung tanggal 27 Desember 1923, kemudian menjadi Vikariat Apostolik Pangkal Pinang tanggal 8 Februari 1951. Vikariat apostolik ini kemudian menjadi Keuskupan Pangkal Pinang tanggal 3 Januari 1961. (Ben)


Tidak ada komentar